Sabtu, 18 Februari 2012

Geredja Toea


TAHUKAH ANDA....? tahun berapakah pembangunan gedung gereja Santo Fidelis Sejiram yang hingga sekarang masih kita gunakan sebagai tempat ibadah dan pusat kegiatan agama katolik di sejiram?. Atau berapa tahun usia bangunan tersebut?
Pasti banyak yang mengatakan tidak tahu persis tahun berapa, tapi yang jelas usia gereja tersebut sudah lebih dari satu abad. Mungkin itu jawabannya. Menurut beberapa catatan yang kebetulan pernah saya baca gereja ini dibangun pada tahun 1921 dan selesai pada tahun 1924, itu artinya gereja tersebut belum genap Seratus tahun, tetapi para misionaris yesuit sudah berkarya di sejiram pada tahun 1890 hingga tahun 1897. yang dimaksud dengan gereja seratus tahun itu bukanlah gedung gerejanya tetapi gereja ( yang merupakan kumpulan orang-orang yang percaya pada Yesus Kristus) telah ada semenjak pertama kali para misionaris datang dan berkarya di sejiram pada tahun 1890 . setelah itu ditinggalkan para misionaris Yesuit untuk beberapa tahun, lalu kemudian dibuka kembali oleh misionaris kapusin pada tahun 1906 yang kemudian mendirikan gereja pertama di sejiram pada tahun 1907 namun gereja kecil itu terbakar pada tahun 1914. setelah tujuh tahun kemudian yaitu pada tahun 1921 gereja baru dibangun lagi oleh para misionaris kapusin, pembangunan dipimpin oleh Bruder Alexius dengan dana pembangunan adalah sumbangan dari nyonya SCHOFFERS dari Tilburg (Belanda).
Begitulah kira-kira sekilas tentang gereja tua sejiram..., mohon tambahan kisah lengkapnya jika ada yang mengetahui dengan persis dan punya catatan sejarahnya yang lengkap. 

 proses pembangunan gereja sejiram pada tahun 1921

 interior gereja St. Fidelis doeloe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar